Soal UTS kelas 2 Kurikulum 2013 revisi terbaru ini jika kita sebutkan Ujian tengah semester ini sama dengan penilaian tengah semester PTS K13 Revisi kami lengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan rekan guru, kami sajikan sedikit berbeda, yang mana kumpulan soal latihan kurikulum 2013 ini masing-masing bisa dikaitkan dari soal Penilaian Harian Atau PH, yang secara random menjadi soal PTS pada Kurikulum 2013 revisi tahun 2017, soal soal ini bersifat tematik, juga mengandung unsur HOTS, 4C pada sebagian soal yang tersaji, sebagai berikut ini.
A. Soal 1
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata asalnya disebut ..........
2. Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk Mutiara dan Udin.
Kata yang bergaris bawah artinya .……………
3. Lambang negara Indonesia .......
4. Dasar negara kita adalah .......
5. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan salah satu simbol pancasila yang berbunyi .....
6. Menurut pendapatmu, pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini?
7. Perhatikan gambar dibawah ini!
232 jika ditulis menjadi huruf menjadi ..........
8. Angka 261 jika disusun berdasarkan nilai tempatnya terdiri atas .........
9. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan simbol pancasila yang ke ...............
10. Bagaimana bunyi pancasila yang kedua .......
Baca juga
Soal UTS/PTS Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
Soal UTS/PTS Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
Soal UTS/PTS Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
B. Soal II
1. Tuliskan bunyi pancasila yang kelima!
2. Apa yang dimaksud dengan ungkapan?
3. Apa arti dari buah tangan dan buah hati?
4. Perhatikan gambar dibawah ini!
Jika 5 puluhan sama dengan 50 , maka jumlah dari buku tersebut adalah ..........
5. Apa perbedaan dari bunyi panjang dan bunyi pendek?
6. Tuliskan bunyi dari pancasila!
7. Perhatikan gambar di bawah ini?
Dari gambar di atas, bagaimana bunyi pancasila berdasarkan simbol diatas?
8. Urutkan gambar dibawah ini!
9. Sebutkan 5 ungkapan dan beserta artinya!
10. Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan halaman rumah. Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.
Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh Udin dan Mutiara?
Kunci Jawaban
A. Soal 1
1. Ungkapan
2. Oleh-oleh
3. Garuda Pancasila atau burung garuda
4. Pancasila
5. Persatuan Indonesia
6. Sila pertama
7. Dua ratus tiga puluh dua.
8. 2 ratusan + 6 puluhan + 1 satuan atau 200 + 60 + 1
9. Lima (5)
10. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Soal II
1. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata asalnya.
3. Buah tangan artinya oleh-oleh, sedangkan buah hati artinya anak .
4. 50 + 7 = 57 buah buku
5. Bunyi yang panjang terdengar lebih lama dibandingkan bunyi pendek.
6. Pancasila :
• Ketuhanan Yang Maha Esa
• Kemanusiaan yang adil dan beradab
• Persatuan Indonesia
• Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
• Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
7. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
8. Urutannya sebagai berikut :
9. Ungkapan:
• Kutu buku = rajin baca buku
• Bintang Lapangan = orang terkenal
• Besar kepala = sombong
• Buah tangan = oleh-oleh
• Cepat kaki ringan tangan = Rajin bekerja, Peramah dan sopan
10. Pancasila sila ke tiga.
A. Soal 1
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata asalnya disebut ..........
2. Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk Mutiara dan Udin.
Kata yang bergaris bawah artinya .……………
3. Lambang negara Indonesia .......
4. Dasar negara kita adalah .......
5. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan salah satu simbol pancasila yang berbunyi .....
6. Menurut pendapatmu, pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini?
7. Perhatikan gambar dibawah ini!
232 jika ditulis menjadi huruf menjadi ..........
8. Angka 261 jika disusun berdasarkan nilai tempatnya terdiri atas .........
9. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan simbol pancasila yang ke ...............
10. Bagaimana bunyi pancasila yang kedua .......
Baca juga
Soal UTS/PTS Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
Soal UTS/PTS Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
Soal UTS/PTS Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
B. Soal II
1. Tuliskan bunyi pancasila yang kelima!
2. Apa yang dimaksud dengan ungkapan?
3. Apa arti dari buah tangan dan buah hati?
4. Perhatikan gambar dibawah ini!
Jika 5 puluhan sama dengan 50 , maka jumlah dari buku tersebut adalah ..........
5. Apa perbedaan dari bunyi panjang dan bunyi pendek?
6. Tuliskan bunyi dari pancasila!
7. Perhatikan gambar di bawah ini?
Dari gambar di atas, bagaimana bunyi pancasila berdasarkan simbol diatas?
8. Urutkan gambar dibawah ini!
9. Sebutkan 5 ungkapan dan beserta artinya!
10. Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan halaman rumah. Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.
Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh Udin dan Mutiara?
Kunci Jawaban
A. Soal 1
1. Ungkapan
2. Oleh-oleh
3. Garuda Pancasila atau burung garuda
4. Pancasila
5. Persatuan Indonesia
6. Sila pertama
7. Dua ratus tiga puluh dua.
8. 2 ratusan + 6 puluhan + 1 satuan atau 200 + 60 + 1
9. Lima (5)
10. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Soal II
1. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Gabungan kata yang memiliki arti berbeda dengan kata asalnya.
3. Buah tangan artinya oleh-oleh, sedangkan buah hati artinya anak .
4. 50 + 7 = 57 buah buku
5. Bunyi yang panjang terdengar lebih lama dibandingkan bunyi pendek.
6. Pancasila :
• Ketuhanan Yang Maha Esa
• Kemanusiaan yang adil dan beradab
• Persatuan Indonesia
• Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
• Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
7. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
8. Urutannya sebagai berikut :
9. Ungkapan:
• Kutu buku = rajin baca buku
• Bintang Lapangan = orang terkenal
• Besar kepala = sombong
• Buah tangan = oleh-oleh
• Cepat kaki ringan tangan = Rajin bekerja, Peramah dan sopan
10. Pancasila sila ke tiga.
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
Dari gambar diatas merupakan pengamalan sila ke …..
2. Tuliskan contoh perilaku yang menggambarkan sila kedua dari pancasila!
3. Tulislah apa saja nama-nama lari?
4. Tulislah satu kalimat ajakan terhadap temanmu untuk bermain bersama!
5. Para siswa bergotong royong merapikan kelas, merupakan contoh dari pancasila sila yang ke ............
6. Dengan bermusyawarah berarti telah mengamalkan pancasila sila ke ........
7. Uraikan angka 356 berdasarkan tempat nilainya!
8. Urutkan bilangan 362, 356, dan 348 dari yang terkecil ke terbesar!
9. Gambarkan simbol sila kedua dari pancasila!
Advertisement