RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2017 pada mata pelajaran matematika untuk kelas v sekolah dasar ini kami bagikan dengan harapan dapat bermanfaat bagi rekan guru semua. Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
C. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan akar pangkat tiga.
2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan akar pangkat tiga.
3. Siswa mampu memahami operasi bilangan akar pangkat tiga.
4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan akar pangkat tiga.
5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan akar pangkat tiga.
D. MATERI
1. Bilangan akar pangkat tiga
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan akar pangkat tiga
B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan akar pangkat tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan akar pangkat tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan akar pangkat tiga
D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan akar pangkat tiga.
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan akar pangkat tiga yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
C. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan akar pangkat tiga.
2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan akar pangkat tiga.
3. Siswa mampu memahami operasi bilangan akar pangkat tiga.
4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan akar pangkat tiga.
5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan akar pangkat tiga.
D. MATERI
1. Bilangan akar pangkat tiga
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan akar pangkat tiga
B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan akar pangkat tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan akar pangkat tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan akar pangkat tiga
D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan akar pangkat tiga.
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan akar pangkat tiga
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan akar pangkat tiga yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
DOWNLOAD RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
1. Bilangan berpangkat
2. Akar pangkat dua
3. Akar pangkat tiga
4. Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
5. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
6. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
1. Bilangan berpangkat
2. Akar pangkat dua
3. Akar pangkat tiga
4. Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
5. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
6. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
Advertisement